Kunci sukses

Dari cukup banyaknya pengalaman hidup yang saya lewati, ada beberapa pertanyaan yang secara stabil menjadi trending topic dari dulu sampe sekarang. Salah satunya adalah, apa sih kunci sukses itu?

Saya berani bilang pertanyaan ini cukup retoris. Mengapa? Karena jawabannya dari dulu sampai sekarang sama aja. Ga jauh-jauh dari: tekad, disiplin, rajin belajar, pantang menyerah, dan doa. Kalau diperas lagi, semua kata-kata kunci sukses itu bisa menjadi dua kata saja, berdoa dan berusaha. Ya, seperti peribahasa Yunani dulu, ora et labora.

Tapi mengapa ya seakan-akan kita selalu butuh diyakinkan? Termasuk saya, pada saat berkesempatan diskusi dengan pelaku UKM yang omzetnya sudah menembus Rp 10 milyar/tahun, saya minta beliau untuk berbagi kunci kepada rekan-rekan pelaku usaha lain yang belum sesukses beliau. “Apa sih, Pak kunci suksesnya?”, tanya saya.

Lalu beliau menjawab singkat, dan jawabannya sama sekali tidak mengejutkan. Menurut beliau, kunci sukses adalah: nekad, tekad, pantang menyerah, dan doa. Posisi doa diletakkan paling akhir karena doa diposisikan sebagai “bumbu pelengkap”, agar apa yang diusahakan dapat berjalan dengan lancar.

Dalam hati saya tersenyum simpul, “bener juga bapak ini nyebut doa terakhir, biar gimana pun yang ga doa tapi usaha giat lebih banyak yang berhasil (sepertinya), daripada yang rajin berdoa tapi ga giat usaha”.

Advertisements
Categories: Koridor Inspirasi | Tags: | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: