Save MASTER

Tulisan berikut diambil dari profil Kita Bisa Save MASTER Indonesia dimana proyek tersebut menggalang dana bersifat crowdfunding untuk membangun ulang sekolah gratis Master Depok yang rencananya akan digusur.


Sekolah MASTER (Masjid Terminal) sudah bertahun-tahun membina anak jalanan menjadi siswa berprestasi bahkan beberapa mendapat beasiswa PTN. Kini MASTER akan direlokasi karena pembangunan terminal terpadu. Bantu anak2 mendapatkan tempat belajar baru.
Setelah mencuatnya isu penggusuran Sekolah Master akhir-akhir ini dimedia sosial, akhirnya Walikota Depok Nur Mahmudi Ismail angkat bicara. Pernyataan beliau disampaikan saat Walikota melakukan kunjungan ke Sekolah Master dalam rangka mengisi acara “Ruang Kita” yang disiarkan TvOne di Sekolah Master hari Kamis, 18 Juli 2013. Beliau menjamin bahwa sekolah Master tidak akan digusur. Beliau juga menegaskan bahwa Sekolah Master akan tetap berdiri dan dipertahankan.

Ya, besar harapan kita pernyataan Walikota Depok benar-benar dipertanggungjawabkan. Hari Senin, tanggal 22 Juli kami dari tim #SaveMaster melakukan audiensi langsung dengan Walikota Depok untuk mengeluarkan pernyataan resmi tertulis tentang jaminan tersebut. Pembangunan masjid dan asrama putra yang saat ini dilakukan di Sekolah Master tetap berlangsung. Oleh karena itu Master masih menerima donasi untuk mendukung serta membantu pembangunan fasilitas ini.

“Dengan adanya Sekolah Master, tidak ada lagi yang namanya anak-anak putus sekolah. Terima Kasih Master telah membantu saya sampai ke jenjang yg setinggi ini. Semoga ke depannya semakin banyak mencetak lulusan-lulusan yg sukses.” (Mohamad Irvanior, Sejarah Universitas Diponegoro 2012)

Kehadiran Master telah memberikan sumbangsih nyata dalam mencerdaskan kehidupan anak bangsa!
Sekolah Masjid Terminal yang kemudian disingkat menjadi Sekolah MASTER, berlokasi di Jl.Margonda No.58 Terminal Terpadu Kota Depok, Jawa Barat, merupakan wadah pendidikan gratis yang diperuntukan bagi anak-anak jalanan disekitar Terminal Depok. Sekolah Master didirikan pada tahun 2000 atas inisiatif Pak Nurrohim akan nasib anak jalanan di sekitar terminal Depok yang tak tersentuh pendidikan karena berbagai keterbatasan yang menghalangi mereka. Bersama dengan beberapa pemuda masjid yang ingin menyelamatkan masa depan anak jalanan, mereka kemudian mendirikan PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Bina Insan Mandiri. Yayasan inilah yang kemudian menaungi siswa-siswi Master dalam proses pendidikannya.

Telah banyak prestasi yang dicetak Master. Juara olimpiade berbagai mata pelajaran tingkat provinsi hingga nasional pernah diraih. Lulusannya pun tidak kalah bersaing dengan sekolah-sekolah pada umumnya. Masuk perguruan tinggi negeri bukan hal yang mustahil bagi anak-anak jalanan apabila mereka diberi kesempatan. Beasiswa keluar negeri seperti ke mesir, arab saudi, afrika selatan hingga jerman pun pernah didapat oleh siswa-siswi Master. Dengan segala keterbatasan mereka, terbukti bahwa mereka mampu bersaing hingga tingkat internasional.

Berawal dari kegiatan belajar mengajar yang dilakukan di Masjid, kini master telah berkembang pesat dan memiliki beberapa kelas permanen yang dibangun dari kontainer. Sekolah ini pun memiliki asrama bagi siswa-siswinya untuk tempat tinggal mereka.Pelayanan yang diberikan Master kepada masyarakat berupa pendidikan kesetaraan paket A, paket B, paket C, TK, SD-SMA, serta berbagai macam kelas pelatihan keterampilan. Kesemuanya itu diberikan secara gratis.
Kegiatan yang telah dilakukan oleh Master tentu membuka mata kita akan pentingnya pendidikan bagi setiap orang. Akses pendidikan haruslah terbuka seluas-luasnya bagi siapapun tanpa terkecuali. Begitupun dengan anak-anak jalanan yang memiliki keterbatasan finansial dalam kehidupannya sehari-hari. Bahkan beberapa diantara mereka juga tumbuh tanpa asuhan orangtua kandung.

Saat ini, Master sedang melakukan pembangunan masjid dan asrama putra. Butuh dana yang cukup besar untuk merealisasikan hal ini. Oleh karena itu, kami mengajak kalian semua untuk turut membantu kelangsungan serta kelancaran kegiataan Master melalui donasi bersama yang kita lakukan. 100% dana yang terkumpul akan dialokasikan untuk membantu pembangunan asrama putra & masjid baru yang nantinya akan menggantikan masjid yang akan tergusur.

Advertisements
Categories: Dari Mana Saja | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: