Mengapa Tuhan membiarkan kita bersedih

"Sesungguhnya setelah kesulitan itu ada kemudahan" (Al-Quran, An-Nashr, ayat 6)

“Sesungguhnya setelah kesulitan itu ada kemudahan” (Al-Quran, An-Nashr, ayat 6)

Ada siang ada malam, ada gelap ada terang, ada sedih ada senang. Sepertinya semua sudah di konsep berpasang-pasangan. Namun ketika kita tengah kecewa dengan suatu keadaan, seakan-akan rasanya suliiiiiit sekali melihat sisi terang. Dunia seakan-akan dipenuhi oleh kegelapan dan hanya kegelapan. Kalau pun ada terang, seakan terang itu hanya membuat silau sehingga sama saja, kita tak mampu melihat dengan jernih.

Salamduajari minta maaf karena sudah cukup lama tidak menulis lagi. Akhirnya hari ini bisa isi tulisan lagi, karena memang hari ini terjadidiskusi yang cukup penting antara dua insan pemimpi, dan salamduajari diperkenankan untuk publish dialog yang terjadi, selama tokoh yang berdialog disamarkan identitasnya. Intinya, dialog ini terjadi antara dua insan pemimpi, karena mereka bercita-cita agar bumi dapat menjadi rumah yang lebih adil bagi seluruh warganya, dari tumbuhan, binatang, sampai manusia. Yang satu jauh lebih junior dari yang satunya lagi, dan si junior ini tengah lelah dengan tidak mudahnya jalan yang tengah dihadapi, dan mulai jengah dan bertanya-tanya sendiri “ada apa dengan negeri ini, mengapa mau berbuat baik saja sangat sulit?”. Kegundahan ini yang kemudian memancing diskusi antara si junior dan senior. Berikut potongan diskusinya, mudah-mudahan ada ilham yang dapat dipetik 🙂

Junior:
Saya heran mengapa begitu banyak orang tidak mengungkapkan ketidaksetujuannya kepada atasan, padahal mereka tahu betul bahwa apa yang direncanakan atasannya itu tidak tepat, karena ada jalan yang lebih baik.
Aku cape dikasi support moral diluar forum, tapi begitu di forum resmi pada diem semua, cari aman. Kapan kita bergerak maju klo gini terus Kak?

Senior:
Mungkin mereka bingung soal bagaimana berhadapan dengan konsekuensinya. Kalo gw dukung, lo malah jd lebih maju dari gw? Mungkin pertanyaan2 itu menghantui mereka. Kalo mereka resmi dukung kita, kita melesat, mereka disitu-situ aja, ga ada untungnya buat mereka.

Junior:
Life oh life ya kak..

Senior:
Ya itulah, perjuangan dibuat Tuhan tak pernah selesai karena merupakan bahan evaluasi ikhtiar kita. Banyak orang berbuat bukan untuk kontribusi yg bisa diberikan melalui perbuatan itu sendiri, melainkan lebih ke untuk CV mereka saja, supaya bisia jual diri ke level yg lebih tinggi. Yang memilukan, orang yang melakukan itu tidak merasa salah. Perilaku seperti itu sudah seperti lumrah saja.

Junior:
Kita ga boleh patah semangat ya Kak?
Though sometimes I wonder on where He actually is..
Sometimes I feel He left us alone
Mungkin aku lagi lelah sama these unnecessary and annoying facts on how human behave in general kak

Senior:
He is not seen but you can feel it, like the wind you can not see but you can feel it. God is far if you think he is in a distant, be actually God is exist in every cell of your body.
You can feel it if you try hard. If you are tired, take a rest and try again

Junior:
Why should He play “hard to get” game?
What’s the point?? I don’t understand

Senior:
He is not playing “hard to get”, only that He knows that when we are feeling only happy we will become numb, He know that our heart should be softened with tears

Junior:
And now I am crying

Senior:
Monotony will makes us bored and numb and unable to feel the existence of God.

Junior:
Aku cape aja kak, semua orang setuju bahwa ada alternatif lain yang lebih baik. Tapi mengapa ketika sudah jadi keputusan, yang termaktub adalah justru alternatif yg jelas-jelas kita semua tahu it’s not accurate??? I don’t understand. Mengapa kita biarkan diri kita menerima suatu hal yang sudah jelas tidak benar??

Senior:
Keputusan dalam hidup tak ada yang pernah sempurna, kita harus pandai meniti buih. Karena orang politisi itu berjuang dengan segala cara, dan orang baik jarang mau masuk politik, tapi baru muntah saat lihat politisi didominasi banyak hal memuakkan. Jadi kita memang harus tahu politik, dan bermain politik dg baik juga, tak cukup dengan niat dan nilai baik, kita juga harus terjun. But anyway, kalau kamu masih bisa merasa muak melihat politisi, mungkin kamu belum berbakat jadi politisi 😀

Junior:
Iya kak, Masih jauhh kayaknya. Ga tau juga apakah aku akan pernah cukup kuat. Untuk menahan muntah.

Senior:
Semua akan indah pada waktunya,  matahari dan bula berputar pada garis edarnya, tak bisa dipercepat, ada jadwalnya, juga kita ada jadwalnya. Aada orang bagus secara akademis, tp tergusur oleh orang yg street smart meski otaknya kosong, maka kata orang Italy, you have to be street wise
Saya coba belajar street wise, karena itu bagian dari ikhtiar dan strategi kita

Junior:
Ok kak.. Aku siap belajar

Senior:
Ya, don’t be too serious, Tuhan tahu kita dirancang tak sempurna, jadi kenali ketidak sempurnaan kita, karena kita manusia
Kita bukan Dewa tapi Ratu 😀

Junior:
Hahahaha
Siaap kaaak

Senior:
So good night Queen. Sleep well. matahari masih akan bersinar dari timur 😀 dan kita butuh air mata untuk melembutkan hati kita. Always happy is boring, and we’ll become numb. Kebal rasa, ga asik.

Junior:
Siap kak. Matahari terbit ada jadualnya
Hari kemenangan kita juga mudah-mudahan ada jadualnya. Makasiih kaaak.. C u

Senior:
Ya. Met istirahat. C u too queen..

Advertisements
Categories: Dari Forum Diskusi | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: