HIV/AIDS: Jauhi Penyakitnya, Bukan Orangnya

koranMengingat potongan koran ini saya teringat dengan ucapan salah seorang cendikia muslim di Amerika Serikat yang mengatakan bahwa inti dari ajaran Islam adalah membenci perbuatan dosa, bukan pendosanya. “Hate the sin, not the sinner,” begitu katanya. Begitu pula dengan konteks HIV/AIDS, yang perlu dijauhi adalah penyakitnya, bukan orangnya.

Sekedar mengingatkan, HIV/AIDS tidak menular melalui udara ataupun persentuhan kulit, melainkan melalui darah ataupun cairan semen (mani), jadi mengapa terlalu paranoid dengan penderita HIV/AIDS atau yang biasa disebut dengan ODHA (orang dengan HIV/AIDS)? Mereka sudah cukup menderita dengan virus atau penyakit tersebut, belum lagi umumnya mereka dikucilkan oleh sanak saudara mereka sendiri, mengapa kita perlu menambahkan penderitaan mereka?

Dunia kita sudah cukup banyak penderitaan, sudah cukup banyak pula bentuk-bentuk ketidakadilan atau diskriminasi yang meresahkan. Apa perlunya kita tambahkan lagi? Dunia kita perlu lebih banyak persaudaraan, dunia kita rindukan senyum-senyum perdamaian yang menentramkan. Mengapa tidak kita berikan itu saja bagi dunia kita? Salah satunya adalah dengan memberikan jabat tangan persaudaraan dan senyum perdamaian bagi saudara-saudara kita yang terkena HIV/AIDS dan tengah berjuang menceriakan dan mengoptimalkan pemanfaatan sisa hidup mereka. Ya, jauhi penyakitnya, bukan orangnya. Selamat hari HIV/AIDS sedunia. Salam damai dari salamduajari 🙂

Advertisements
Categories: Dunia Kita | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: