Tukang Cukur Hutan

Tulisan ini diambil dari buku Suara Hati Dewa, yang ditulis oleh Dewandara Soepardi, bocah istimewa kelahiran tahun 2003. Ternyata, Dewa juga peduli lingkungan, jadi Dewa juga generasi hijau 🙂

 

Tukang Cukur Hutan

Hutan Gundul di Aceh (sumber: http://www.acehtraffic.com/)

Cakar gagak di batang pohon itu, tuliskan cerita tentang kehidupan di hutan. Atas nama dunia, burung pun bercerita, andai manusia mengerti hutan itu juga punya nyawa. Pasti mereka juga tidak tega, hancurkan hutan untuk beli harta. Tebang pohon jual kayunya. Ejek-ejekkan antara orangutan dengan orang kota.

Jejak roda truk bicara, aka nada hutan yang gundul. Dicukur pakai kampak dan gergaji mesin. Apa manusia itu profesinya tukang cukur hutan? Masa ada gunting hutan sih? Beli di mana, Pak? Harganya berapa? Apa lebih mahal dari pemanasan global? Atau… apa lebih mahal dari dehidrasi bumi?

Wah sepertinya bapak kaya ya… dan sepertinya aku akan binasa.

Bagaimana ini bisa didiamkan, kalau satu orang kaya dan ribuan manusia binasa. Aduh … bagaimana ini nanti, bila kita tak punya hutan lagi. Apa kita dibakar matahari … atau kita direndam banjir.

Aku mau ajak teman-teman hijaukan bumi. Suarakan pada dunia, bahu-membahu bibitkan pohon di tanah kita. Kalau nanti kita berhasil, pasti hutan tersenyum lagi. Tuhan … bantulah kami manusia yang hampir binasa oleh ulah tukang cukur hutan.

Hidupkan indahnya hutan dengan burung-burung di dahan, orangutan yang bergelantungan serta semua teman di jiwa hutan. Aku tidak jadi binasa, tapi aku akan hirup segarnya dunia.

Note    : Cerita ini dibuat Dewa sambil melihat tayangan televisi tentang hutan yang gundul.

Advertisements
Categories: Generasi Hijau | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: