KICKSTARTER: Inovasi bagi kreator independen wujudkan Idenya!

salah satu proyek di Indonesia yang berhasil di biayai, kreatornya tapi masih orang asing sih

Kreatifitas memang tiada batasnya! Dulu, banyak anak muda dengan berbagai ide kreatif idealis kesulitan untuk mewujudkan kreatifitasnya. Mengingat sulitnya mencari sponsor yang mau menerima ide mereka secara seutuhnya atau apa adanya. Dengan kata lain, perlu kompromi yang luar biasa terhadap keinginan sponsor yang umumnya menginginkan adanya perubahan mendasar pada ide yang diajukan, sehingga kadang-kadang membuat para kreator merasa seakan disuruh pindah agama, sehingga akhirnya mengambil keputusan, mendingan ga usah dapet sponsor, deh. Proses mewujudkan ide kreatifnya pun jadi terhambat, tertunda, atau bahkan yang paling ekstrim, terkubur. Jadi, it is a problem.

Well, bagi yang pesimis problem is a problem, tapi bagi yang optimis, problem is a room for creativity! Tampaknya kreatifitas itu memang ada tahapannya. Pertama kreatifitas untuk melahirkan ide baru yang keren. Kedua, kreatifitas untuk menuangkan ide tersebut ke bentuk tulisan atau audio visual agar ide tersebut dapat diketahui dan dipahami oleh orang lain (membuat proposal ide). Ketiga, kreatifitas untuk mewujudkan ide tersebut. Nah, tahap yang ketiga ini sepertinya yang  paling problematik bagi para kreator. Namun syukurnya sekarang sudah ada ide kreatif untuk menyelesaikan masalah tersebut: www.kickstarter.com: a funding platform for creative project.

Kickstarter adalah sarana bagi kreator untuk mendapatkan pendanaan untuk membiayai proyek-proyek kreatifnya. Para kreator cukup mengerahkan kreatifitas mereka sampai pada tahap pertama dan kedua, lalu upload atau unggah video proposalnya di www.kickstarter.com, orang-orang idealis lainnya yang ga punya ide tapi punya uang akan maen-maen  ke website tersebut, mencari-cari dan mempelajari video proposal yang misinya paling sesuai dengan kepedulian mereka, sehingga sesuai pula untuk mereka biayai.  Hebatnya lagi, karena Kickstarter berbasis website, video proposal yang diunggah tidak terbatas dari Amerika Serikat saja. Saya sendiri melihat ada sekitar 3 video proposal proyek di Indonesia, ada yang berupa proyek pembuatan film pendek, dokumenter, dan pembuatan musik. Namun memang kreatornya masih orang Amerika Serikat, karena memang persyaratannya lebih kompleks jika bukan warga negara AS, khususnya terkait teknis penyaluran dananya. Saat ini sekitar ribuan orang mengamati proyek-proyek di Kickstarter di setiap detik berjalan, dan orang-orang tersebut adalah yang telah setuju dengan aturan main investasi proyek Kickstarter yaitu dukung sepenuhnya ide proyek tersebut atau tidak sama sekali. Kickstarter ingin proyek yang dibiayai bersifat independen oleh karena itu investor tidak memiliki hak untuk melakukan perubahan atas ide-ide proyek yang para kreator telah presentasikan lewat video proposalnya.  Atas dukungannya, investor akan mendapatkan reward atau apresiasi seperti akses untuk mengunduh video hasil pelaksanaan proyek dengan resolusi tinggi, pengalaman baru menjadikan kehidupan orang lain, dan bentuk-bentuk reward lainnya yang dipresentasikan dalam setiap video proposal. Solusi buat para kreator idealis bukan?

Dengan adanya Kickstarter, sekarang tinggal masalah kreativitas para kreator dalam melahirkan ide, menuangkan, dan mengemasnya semenarik mungkin sehingga dapat menarik hati para investor yang juga berjiwa independen. Karena ada pula ide yang sudah lama mejeng  di sana belum berhasil mencapai target pendanaan sampai pada tenggat waktu yang telah ditentukan. Namun demikian, tetap saja, dengan adanya institusi semacam Kickstarter, para kreator independen kini punya jalan lengang untuk mewujudkan idenya.

Sejak diluncurkan pada April 2009, Kickstarter telah berhasil mendanai sekitar 20,000 proyek kreatif independen, yang melibatkan dukungan dari sekitar 2,000,000 investor, dengan total dana investasi sekitar USD 200 juta. Untuk melihat-lihat berbagai proyek di kickstarter, silakan saya klik di sini. Ada yang tertantang buat website serupa di Indonesia? yuk bikin, salamduajari pasti dukung 😀 salam semangat selalu!  (DM dan RIS)

Advertisements
Categories: Kreasi dan Inovasi | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: