Berlibur ke Antariksa? Mungkin!

Sejarah mencatat bahwa pada tanggal 21 April 1997, sebuah pesawat antariksa pernah menerbangkan abu kremasi dari 24 orang mengitari bumi pada ketinggian 578km. Penerbangan saat itu merupakan yang pertama kalinya dan disebut space burial, karena tujuan penerbangan adalah untuk membuang abu kremasi tersebut di angkasa. Ya, seperti puncak acara “penguburan” jenazah. Adapun salah satu tokoh yang ‘dikuburkan’ di angkasa adalah penemu Star Trek, Gene Roddenberry. Jadi pada saat itu, yang diterbangkan ke angkasa adalah “abu kremasi” manusia yang telah wafat.

Tapi jangan risau saudara-saudara karena millennium baru telah datang dan kini dengan bantuan dari Virgin Group, andapun dapat terbang ke antariksa dengan jiwa dan raga masih bersatu, asalkan ada $200,000 (Rp 1,831,070,000) yang tidak terpakai.

“Twenty years from now you will be more disappointed by the things that you didn’t do than by the ones you did do. So throw off the bowlines. Sail away. Catch the trade winds in your sails. Explore, dream, discover.” Mark Twain

Begitulah bunyi cover brosur penerbangan antariksa komersil Virgin Galactic yang dihiasi oleh gambar-gambar pesawat antariksa yang futuristic dan gambar planet biru kita dari kejauhan.

Virgin galactic adalah perusahaan anak Virgin Group yang menyediakan jasa penerbangan antariksa bagi masyarakat umum. Pada Februari 2012 telah dilaksanakan tes penerbangan sebanyak 15 kali. Walaupun sampai sekarang belum ada pengumuman resmi menyangkut kapan penerbangan komersil ini akan dimulai, pada September 2011 telah tercatat 500 penumpang potensial yang telah membayar uang muka $20,000 (Rp183,107,000) termasuk Brad Pitt dan Angelina Jolie serta sang Captain Kirk sendiri, William Shatner.

Jenis pesawat yang akan dinaiki ini, SpaceShip Two (yang dinamai Enterprise dan Voyager) dapat mengangkut enam penumpang dan 2 pilot, dan akan mengitari bumi di ketinggian 21km selama 3 ½ jam dimana penumpang akan merasakan zero gravity  untuk sekitar 6 menit. Seluruh penumpang akan diberikan pelatihan selama 2-3 hari sebelum diterbangkan dan secara umum tidak ada restriksi terkait kondisi kesehatan selain check-up standard. Mungkin sekarang, seperti saya, anda berpikir: “Wait… Enam penumpang? Lantas siapa diantara rombongan Brangelina yang akan ditinggalkan di bumi selagi ayah, bunda dan 4 saudara-saudarinya melayang di angkasa?”

Walaupun sekarang baru para 1% penduduk dunia yang dapat menikmati kemewahan ini, setidaknya Virgin Galactic telah merubah mimpi semua orang yang tergugah oleh peristiwa moon landing Apollo 11 pada tahun 1969 dan ingin menaiki pesawat antariksa menjadi kenyataan. Kita boleh protes bahwa penerbangan antariksa komersil hanya menunjukkan dengan lebih parah ketidakadilan dari segi sosio-ekonomi, tapi ketika para elite melambaikan tangan 52000 kaki diatas kepala kita, setidaknya kita bisa apresiasi sedikitlah bahwa ini benar-benar terobosan yang sangat besar bagi ilmu pengetahuan dan kemanusiaan secara keseluruhan. Oleh karena itulah Virgin Galactic merupakan one giant leap for mankind.

Sejauh ini spaceport untuk penerbangan SpaceShip Two hanya ada di New Mexico, Amerika Serikat sedangkan agen penerbangan telah tersedia di enam benua termasuk Amerika Tengah. (AG)

Untuk melihat brosurnya bisa disini

Untuk booking? bisa disini 🙂

Sumber: disini, disini, dan disini

Advertisements
Categories: Dunia Kita | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: