Mengapa kita begitu cuek? – bagian 1

Foto ini diambil tepatnya pada 8 Maret 2012, di lingkungan kampus FEUI, Depok. Apa yang menarik dari foto ini?

Sebagai pihak yang sangat merasa “terganggu” dan menilai  cara pandang “buang sampah sembarangan itu tidak apa-apa karena nanti diambil oleh petugas kebersihan atau pemulung” yang masih membudaya di Indonesia tersebut sebagai budaya yang udik, tentu salamduajari merasa sangat kecewa melihat hal ini. Mengapa?

  1. Di lingkungan FEUI sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia saja masih terdapat warga yang bermental udik, lantas apa yang bisa diharapkan pada masyarakat Indonesia secara luas yang kebanyakan bertingkat pendidikan rendah?
  2. Kalau ternyata si pelaku tindakan udik tersebut bukanlah warga FEUI, misalnya tamu atau masyarakat sekitar yang memasuki kampus, tetap saja hal ini mengecewakan. Mengapa? Maka berarti warga FEUI sendiri masih memiliki sifat cuek terhadap lingkungannya, “yang buang bukan saya, mengapa harus saya yang memungutnya?”. Sampah tersebut hanyalah berupa gelas plastik, tak dibutuhkan kerja bakti untuk mengangkutnya, cukup dengan sedikit membungkuk lalu gunakan salah satu tangan untuk mengambilnya. Mudah sekali. Namun tampaknya hal tersebut  masih terasa sulit bagi kita.

Mengapa, ya, kita begitu cuek? Untuk perbandingan, berikut foto-foto yang diambil dari statiun kereta layang (skytrain) di Bangkok. Salam damai selalu.

Dapatkah kita melihat ketersediaan banyak tong sampah pada kedua gambar ini? Dapat pulakah kita melihat sampah yang terserak? Sekedar kudapan untuk renungan kita (just food for thoughts)

Advertisements
Categories: Dari Mana Saja | 1 Comment

Post navigation

One thought on “Mengapa kita begitu cuek? – bagian 1

  1. GANDAHARTA

    “”Seperti yang sering kita tahu kalau pemerintah, mulai tahun 2012 akan memberlakukan peraturan daerah yang akan menghukum pidana kurungan maksimal 60 hari (2 bulan) atau denda maksimal Rp 2.000.000 jika membuang sampah sembarangan jadi masyarakat sebaiknya berhati-hati kalau membuang sampah sembarangan jika tak ingin menbayar denda dan merasakan kurungan””.

    ini articel yang saya comot dari blog tetangga,, jika ini benar HARUS sangat didukung….
    dengan tambahan fasilitas oleh pemerintah mempermudah seluruh masyarakat indonesia untuk melaporkan tindak BUANG SAMPAH SEMBARANGAN INI dengan mudah dan tentu harus ditindak lanjuti.
    di jaman yang serba canggih ini, sangat mudah setiap orang mendapatkan hp dengan fasilitas camera dan internet maka saya menganjurkan kalian semua untuk meng – capture wajah si pelaku buang sampah sembarangan itu dan melaporkannya ke pihak berwajib agar di tindak lanjuti karna itu melanggar aturan, atau meng-capture plat nomer mobil yang membuang sampah sembarangan di tengah jalan… tugas pemerintah lah yang harus membuka media komunikasi ini, sudah banyak sekalii media yang dapat digunakan untuk mentransfer data, YM,BBM,email facebook dll…. dan ini bisa juga digunakan sebagai media laporan untuk semua kasus dan dapat di populerkan di masyarakat..
    bayangkan jika wajah anda terpampang di wall FB nya pemerintah karna anda orang indonesia bermental udik, sebagai pelaku buang sampah sembarangan, MALU GETHOO LHOO!!! temen2 kalian pasting langsung bilang LOE!! GW!! END!!…..

    😀
    salam
    GANDA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: