Kelabu Februari 2012, Cepatlah Berlalu

Entah ada apa dengan Februari 2012, yang pasti, bulan ini akan menjadi catatan penting tersendiri bagi kami yang bekerja dan berkarya di UKM CENTER FEUI.

Tahun yang baru seringkali diawali dengan semangat baru, refleksi dan kontemplasi atas hal dan peristiwa lalu, dan penetapan cita-cita baru. Kami di UKMC FEUI tak luput dari proses itu. Bulan Januari tahun ini kami awali dengan pembulatan semangat baru, refleksi diri atas kekurangan-kekurangan yang lalu, dan penjaringan harapan untuk hari esok yang harus lebih baik. Target-target yang ingin dicapai tahun ini pun digantungkan, diantaranya adalah penyusunan program pembinaan UKM yang terintegrasi, perbaikan sistem atau SOP, penguatan kapasitas SDM, dan replikasi UKMC FEUI di universitas-universitas lain di Indonesia. Dengan mengucapkan Dengan Nama Allah, kami bulatkan tekad untuk mencapai itu semua, dan berharap semoga alam semesta menyambut baik energi kami. Kalau bahasa orang Suku Sambas Kalimantan Barat, fenomena tersebut umum disebut dengan Langkah Kanan. “Semoga langkah kanan, ya, nak”, demikian biasanya ibu saya ketika mengantarkan langkah saya untuk meraih cita-cita.

Puji syukur kepada Allah, sepertinya energi tersebut benar adanya disambut oleh alam semesta. Kami dipercaya oleh Carrefour Indonesia, melalui Yayasan Sahabat Cipta, untuk menjalankan program pembinaan dan pendampingan UKM yang berada di sekitar Depok dan Jakarta Selatan. Konsep-konsep mengenai program pembinaan terintegrasi yang sudah kami susun pun akhirnya dapat mulai dilaksanakan; dan kesempatan ini sangat berharga karena kami bisa melihat dan mempelajari bagaimana efektifitas konsep tersebut dalam praktiknya, sehingga dapat terus diperbaiki sebelum akhirnya diperluas pelaksanaannya. Kegiatan community development kami terkait proyek pendatangan 9 sapi Red Wagyu dari Australia ke Temanggung, yang dimotori oleh PT Sijiro Internasional, pun syukurnya berjalan lancar. Awal Maret nanti sapi-sapi tersebut akan tiba ke Indonesia, diangkut dengan pesawat charter dari Australia, yang kehadirannya harus dikondisikan pada dini hari guna menghindari kemacetan yang dapat membuat para sapi stress dalam perjalanannya dari Bandara Soekarno-Hatta ke balai karantina. Perdana Menteri Australia rencananya akan datang ke Temanggung dalam rangka peresmian peternakan Red Wagyu tersebut, Presiden SBY pun dikabarkan sudah bersedia untuk turut hadir. Senangnya.

Tidak hanya itu, Citibank Indonesia, melalui Citi Peka, kembali memberi kepercayaan kepada kami untuk menyelenggarakan The 8th Citi Micro-Entrepreneurship Award 2012. Semakin semangat rasanya, hingga akhirnya Februari memasuki minggu ke-4-nya. Pertama tim kami dicemasi dengan kondisi kritis kakak dari salah satu staf keuangan kami, yang harus berperang melawan kanker rahim ganas. Kedua, secara tak diduga-duga, tanggal 21 Februari, kami mendapat berita bahwa ibunda dari manajer keuangan kami meninggal dunia di usia 50 tahun ketika umroh di tanah suci, sehingga jenazahnya tidak dapat di bawa pulang ke Indonesia. Selang tiga hari berikutnya yaitu tanggal 24 Februari, kami mendapat berita bahwa kakak dari staf keuangan kami tersebut akhirnya kalah dalam perangnya melawan kanker, sehingga harus berpulang ke sisi Allah. Ketiga, kembali selang 3 hari yaitu tanggal 27 Februari, kami mendapat berita bahwa kakak dari Wakil Kepala lembaga kami sedang dalam kondisi koma; yang dua hari kemudian, tepatnya menjelang tengah malam tadi di penghujung Februari, pun juga harus mengalah melawan sakit dan berpulang ke sisi Allah. Innalillaah, innalillaah, innalillaahi wainnalillaahiraa jiuun. Semoga ketiga almarhumah tersebut dapat merasakan ketentraman dan diberikan ruang yang lapang di sisi-Nya.

Serangkaian kejadian ini barang tentu cukup menghentak. Paling tidak bagi saya pribadi. Februari tahun ini terasa begitu kelabu. Di lembaga kami yang bukanlah merupakan suatu lembaga yang sudah besar, kecilnya anggota organisasi membuat kami sudah seperti satuan keluarga. Melihat anggota keluarga kami ditimpa musibah atau kesedihan, kami ikut merasakan sedihnya. Khususnya kesedihan yang menimpa Wakil Kepala lembaga kami, Ibu Hilda Fachrizah, yang selama ini telah menjadi pimpinan yang disayangi jajaran karyawannya. Melihat kesedihan beliau bukanlah suatu kebiasaan bagi kami yang sering beliau sajikan semangat dan keceriaan. Saya sendiri merasa pedih melihat tangisnya.

Kepala lembaga kami, Ibu Nining Soesilo, yang sudah kenyang dengan berbagai cerita kehidupan menyemangati dengan mengingatkan kita pada janji Tuhan, “setelah kesulitan pasti ada kemudahan. Percayalah. Maka dari itu kita harus kuat, dan pasti bisa kuat”, demikian wejang beliau. Saya percaya akan hal itu, saya yakin bahwa janji Tuhan adalah satu-satunya janji di mana tak ada setitik pun keraguan di dalamnya. Namun tetap sulit rasanya untuk tidak bersedih, berat pula rasanya untuk menahan diri dari bertanya-tanya, mengapa ya, Tuhan? Mengapa semua harus terjadi dalam kurun waktu yang sesingkat ini? Mungkinkah Ia ingin agar kami tumakninah atau berdiam diri sesaat, karena kami tengah berlari terlalu kencang? Mungkinkah Ia ingin membuat rasa persaudaraan di antara kami kian melekat? Atau mungkinkah Ia sekedar ingin memberi kesempatan untuk menyadari bahwa antara kami telah begitu saling menyayangi? Semuanya bersifat mungkin. Namun bagi saya pribadi ada satu hal yang pasti, yaitu bahwa kelabu Februari ini, tak kan pernah menghanguskan semangat kami menjadi abu.

Mengutip suatu pepatah barat, “what doesn’t kill you make you stronger”. Saya termasuk yang percaya akan pepatah tersebut. Jadi, Insya Allah kelabu Februari ini hanya akan mengasah kami untuk menjadi pribadi-pribadi yang lebih kuat dan lebih kuat lagi. Huff, wahai kelabu Februari, cepatlah kau berlalu.

(DMH, Depok, March 01, 2012)

Advertisements
Categories: Warung Prosa | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: