Kemenkeu Publikasikan APBN-Live, Hal Baru yang Menarik!

Depok, salamduajari.com -Sebagian dari kalangan yang memantau secara cukup dekat kebijakan ekonomi pemerintah beserta pelaksanaannya, senang rasanya mengetahui bahwa pada tahun ini Kementerian Keuangan mempublikasikan APBN-live yang merupakan rangkuman Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara  2012. Hal ini merupakan berita baik, mengapa? Dengan membaca APBN live yang hanya sebanyak 1 halaman namun berisikan informasi yang cukup komprehensif.

Biasanya kalangan ekonom atau mahasiswa ekonomi hanya dapat melihat tabel APBN di mana yang dapat dilihat hanyalah besaran rupiah dari setiap mata anggaran. Berapa rupiah yang dianggarkan pemerintah untuk subsidi? Berapa yang dialokasikan untuk infrastruktur? Berapa yang dialokasikan untuk masing-masing Kementerian/Lembaga? Maupun mata-mata anggaran penerimaan seperti berapa penerimaan pajak, berapa penerimaan dari sumber non-pajak, semua besaran rupiah-nya dapat dilihat. Tidak lebih dari itu. Kita dapat mengetahui bahwa misalnya  anggaran untuk  infrastruktur adalah Rp 161 Trilyun, namun kita tidak dapat tahu sejumlah uang itu akan digunakan untuk infrastruktur yang seperti apa? Untuk infrastruktur perhubungan seperti jalan dan rel kereta api, kah? Untuk permukiman, kah? Untuk mengetahui hal yang lebih rinci tersebut biasanya bisa didapatkan dengan membaca dokumen Nota Keuangan APBN yang tebalnya cukup memberi efek malas membaca (biasanya lebih dari 400 lembar). Lagipula, dari NK APBN tersebut biasanya kita tidak akan dapat mengetahui target realisasi fisik dari alokasi dana tersebut. Misalnya, dana untuk infrastruktur perhubungan adalah Rp 40 Trilyun, berapa kilometer target panjang jalan yang akan dibangun? Berapa kilometer yang akan diperbaiki (terkait pemeliharaan)? Di mana lokasi yang diprioritaskan? Alokasi untuk infrastruktur pemukiman misalnya Rp 30 Trilyun, namun berapa banyak target Rusun yang akan dibangun? Berapa titik lokasi yang ditargetkan? Iinformasi-informasi tersebutu selama ini  tergolong “mahal”, dalam artian sulit dicari tahu kalau tidak berinteraksi dengan petugas pemerintah terkait. Keberadaan internet tidak mempermudah kah? Tidak terlalu, karena  karena umumnya yang diberitakan yah yang sudah dijelaskan di NK-APBN tersebut. Kalau yang cukup geek mungkin bisa mendapatkan informasi lebih dengan mengulak-ulik daring internet Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Kesehatan, Kementerian Perumahan Rakyat, dan K/L lainnya.

Intinya, cukup banyak tenaga dan waktu yang harus dikerahkan untuk mengumpulkan informasi tersebut, walaupun sebenarnya hal tersebut adalah hak publik, karena apa-apa yang dibelanjakan oleh negara mayoritas dibiayai oleh uang rakyat melalui pajak dan bea/cukai (dalam APBN 2012 kontribusi pendapatan pajak, bea, dan cukai terhadap total pendapatan negara adalah sekitar 78.7%). Tentu sangatlah wajar, bahkan memang sudah seharusnya, kita diberi tahu sejelas-jelasnya kemana gerangan dana-dana itu dibelanjakan dan b

agaimana realisasinya. Bersyukur, walaupun telat, paling tidak pemerintah melalui Kementerian Keuangan  tampaknya sudah menyadari betul akan tanggungjawab untuk memenuhi hak rakyat atas transparansi. Untuk pertama kalinya pada tahun ini pemerintah mempublikasikan jabaran APBN versi singkat, padat, jelas, dan juga nyaman dibaca. Tidak hanya besaran rupiah, target-target realisasi yang ingin dicapai juga digambarkan dengan cukup komprehensif seperti panjang kilomenter jalan, kilometer rel kereta api,  jumlah desa/kelurahan yang akan menjadi sasaran, dan informasi-informasi detil lain yang “dulunya mahal”. Nama laporan tersebut adalah APBN-live. Paling tidak begitulah nama file-nya jika kita ingin mengunduhnya dari internet.

APBN-Live merupakan hal baru yang  sangat bermanfaat tidak hanya dalam rangka memenuhi memenuhi hak rakyat atas transparansi, tapi juga merupakan wujud pelaksanaan peran pemerintah sebagai agen publik yang mencerdaskan kehidupan bangsa. Cara penyampaian yang padat namun informasi dan sederhana membuat kalangan non-akademia juga dapat memahaminya. Hal ini yang membuat APBN-Live juga merupakan dokumen laporan yang menarik! Semoga ini pertanda baik untuk kemajuan Indonesia di masa depan. Semoga juga tidak hanya akan ada untuk tahun ini, namun dilanjutkan untuk tahun-tahun berikutnya, dan semoga lagi dapat turut dilakukan oleh setiap pemerintah daerah nantinya. Paling tidak untuk saat ini, hadirnya APBN-Live sudah merupakan suatu berita baik! (DM)

Oh ya, untuk mengunduh dokumen APBN-Live, silakan masuk ke link ini  APBN-Live.

Advertisements
Categories: Berita Baik | 1 Comment

Post navigation

One thought on “Kemenkeu Publikasikan APBN-Live, Hal Baru yang Menarik!

  1. Pingback: Harapan atas kebahagiaan di era Internet: mengenal dan mengenang Aaron Swartz « salamduajari

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: